.::. Galeh Aji Wedding Organizer .::.

Paket Pernikahan Yogyakarta || Paket Pernikahan Murah Yogyakarta

Dalam sebuah rangkaian acara pernikahan, terdapat satu prosesi yang disebut dengan lamaran. Ya, prosesi lamaran terjadi menjelang hari...

Persiapan Hari Lamaran

By 1/25/2019 , , , ,


Dalam sebuah rangkaian acara pernikahan, terdapat satu prosesi yang disebut dengan lamaran. Ya, prosesi lamaran terjadi menjelang hari pernikahan, yaitu ketika pihak calon pengantin laki-laki mendatangi rumah calon pengantin perempuan untuk melamar. 

Prosesi ini merupakan satu momen penting dalam rangkaian acara pernikahan. Biasanya, calon pengantin laki-laki akan mendatangi rumah calon pengantin perempuan bersama orang tua dan sanak saudara. 

Pengantin laki-laki biasanya juga akan membawa berbagai hantaran lamaran yang akan akan diberikan kepada pihak perempuan. 

Proses lamaran ini menjadi langkah awal sebelum calon pengantin menggelar pernikahan. Lamaran juga bisa diartikan sebagai proses dimana pihak laki-laki meminta ijin untuk mengajak pasangannya menikah. 

Begitu juga dengan pihak perempuan yang kemudian memberikan ijin dan menyetujui untuk diadakannya pernikahan. 

Pada prosesi ini biasanya kedua keluarga besar akan saling bertemu dan bersilaturahmi, serta mulai saling mengenal. 

Umumnya, pada saat inilah kedua keluarga akan mulai membicarakan tentang rencana pernikahan beserta seluruh prosesinya, mulai dari akad nikah hingga resepsi pernikahan. 

Sama seperti akad nikah atau resepsi, banyak hal yang juga harus dipersiapkan menjelang hari lamaran yang sudah ditentukan. Berikut adalah uraiannya. 

Menentukan waktu

Jika Anda dan pasangan sudah merasa siap dan mantap untuk menikah, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah prosesi lamaran. Anda dan pasangan bisa mulai menetukan tanggal dan waktu yang tepat untuk menggelar prosesi ini. Bicarakan pula pada masing-masing orang tua agar tercipta satu titik temu bagi kedua belah pihak. 

Menyiapkan tempat

Setelah menentukan waktu, hal selanjutnya yang haru dipikirkan adalah tempat lamaran. Ya, untuk yang satu ini akan lebih banyak menjadi tanggung jawab pihak perempuan. 

Pasalnya, lamaran memang umumnya diadakan di rumah pihak perempuan. Maka, dekorasi tempat atau rumah yang digunakan untuk lamaran harus dipersiapkan dengan baik. 

Jamuan makan

Masih menjadi tanggung jawab pihak perempuan yaitu perihal jamuan makan. Ya, sebagai tuan rumah tentunya pihak perempuan harus menyiapkan berbagai hidangan untuk tamu-tamu dari pihak laki-laki yang akan datang. 

Bisa menggunakan sistem piring terbang yang diantar langsung oleh pelayan, atau menggunakan model standing party dimana tamu dapat mengambil sendiri makanan-makanan yang diinginkan. Sebaiknya sediakan rangkaian makanan mulai dari appetizer, soup, main course hingga dessert agar acara makan terasa lengkap. 

Memilih busana

Ya, busana adalah satu hal yang tentunya tak boleh ketinggalan. Biasanya, kedua keluarga calon pengantin akan menyiapkan busana yang seragam atau sengaja dibuat untuk prosesi lamaran. 

Biasanya akan dipilih satu motif batik untuk seluruh keluarga yang berjenis kelamin laki-laki, dan satu motif kebaya untuk yang berjenis kelamin perempuan. Tentunya, busana tersebut sengaja disesuaikan dengan pilihan calon pengantin perempuan dan laki-laki. Pilihan busana yang dibuat seragam cenderung punya nilai lebih dalam sebuat prosesi lamaran. 

Menyiapkan hantaran

Untuk yang satu ini umumnya menjadi tanggung jawab pihak laki-laki. Biasanya, pihak laki-laki lah yang membawa berbagai hantaran untuk diserahkan kepada pihak perempuan. Namun, ada beberapa adat yang memberlakukan sistem saling menukar hantaran antara pihak laki-laki dan perempuan. 

Hal ini tentunya sah-sah saja, prosesi lamaran, akad, hingga resepsi memang seringkali disesuaikan dengan tradisi dan adat masing-masing calon mempelai. 

Untuk hantaran lamaran, biasanya disiapkan beberapa keperluan khas perempuan. Bisa berupa baju, tas, sepatu, perhiasan, uang, kue-kue, jam tangan, aksesoris, hingga perelngkapan make-up. 

Pilihan barang-barang tersebut memang ditujukan untuk membuat pihak perempuan merasa senang.

Sumber : berbagai sumber


You Might Also Like

0 komentar